Monday, November 19, 2018

Buku Pegangan Pembelajaran HOTS 2018

BUKU PEGANGAN PEMBELAJARAN
HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)
PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS ZONASI


Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan
belajar peserta didik dan mengahsilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional adalah
guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang
baik dan efektif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang pintar dan pendidikan
yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang
menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam
meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan peserta didik.

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau
Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai
upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan
meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi
Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas
pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kualitas
pembelajaran juga perlu diukur dengan penilaian yang berorientasi pada Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sejalan dengan hal
tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan
penilaian pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penilaian yang pada akhirnya akan meningkatkan
kualitas lulusan peserta didik.

Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan dapat menjembatani pemahaman para guru dalam
hal penilaian pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas
Pendidikan di Indonesia.



Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

Program Kerja Kurikulum SMK